Search Bar

Mahasiswa KKN Tematik UIN R.M Said Sosialisasikan Pengolahan Lahan Berkebun di RT 04

Foto bersama warga RT 04 bersama Mahasiswa KKN tematik

Pada hari Rabu (05/7) acara sosialisasi pengelolaan kebun gizi yang bertempat di Kebun Gizi Kenanga RT 04 berhasil diselenggarakan oleh Kelompok 1 KKN Tematik UIN R.M Said Surakarta. Sosialisasi dimulai pada pukul 15.15 WIB dengan dihadiri oleh Bapak Suratno selaku ketua RT 04, ibu-ibu setempat dan mahasiswa KKN Tematik sebagai inisiator sosialisasi.

Kegiatan ini adalah sebagai bentuk realisasi program kerja sosial mahasiswa KKN tematik dalam rangka pengabdian kepada masyarakat khususnya warga RT 04. Dalam kegiatan ini para ibu-ibu dan pengurus kebun diberikan pengetahuan mengenai pengolahan lahan yang baik, cara mengatasi hama, hingga penyemaian bibit tumbuhan sayur.

“ Kami dari kelompok 1 KKN Tematik halal 1 ingin memberikan sosialisasi mengenai teknik pengelolaan media tanah kemudian juga memberikan teknik tentang tata cara perawatan yang benar selain itu kami juga memberikan sampel media tanah yang sudah jadi”. Jelas, Makruf (20) selaku ketua kelompok KKN Tematik.

Mahasiswa KKN Tematik juga turut memberikan bantuan kepada warga bibit yang terdiri dari ; bibit jeruk, pohon salam, jahe, kunyit, kencur dan laos untuk ditanam bersama dengan warga. Selain itu terdapat bantuan tambahan berupa sekam sebanyak empat karung , sekarung pupuk srintil, serta tanah liat sebanyak dua karung.

penyerahan bantuan secara simbolis oleh ketua kkn kelompok 01 kepada warga rt 04

Pada pukul 16.35 sosialisasi resmi ditutup dengan foto bersama antara warga dengan mahasiswa KKN. Acara ini mendapatkan respon positif dari warga RT 04 salah satunya dari Siti Aminah (43) yang mendapatkan berbagai pengetahuan baru dari acara ini.

“Dari acara ini saya jadi tau cara membasmi hama, sebelumnya saya kan gak tau cara pengloahan lahan itu bagaimana sekarang jadi tahu”.

Makruf selaku ketua kelompok berharap dengan adanya realisasi program kerja ini dapat membawa manfaat serta tanaman hasil sosialisasi dapat berguna di kemudian hari.

“Harapannya kemudian nanti apa-apa yang sudah dilaksanakan hari ini bisa menjadi bermanfaat di kemudian hari dan nantinya tanaman-tanaman yang sudah ditanam seperti jeruk, serai, salam dan yang lain bisa membawa kemanfaatan”  ujarnya.


Penulis : Tim Media KKN Kelompok 01 Tematik

Posting Komentar

0 Komentar