Search Bar

Penyelenggaraan Acara Sosialisasi Produk Halal UMKM bersama Mahasiswa KKN

Kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UIN Raden Mas Said Surakarta berhasil menyelenggarakan kegiatan sosialisasi sertifikasi produk halal yang bertempat di balai kampung Rt 03 RW 08 dengan diikuti sebanyak 34 orang peserta dan perwakilan UMKM. Bapak Edi Mujijanto selaku kepala Lurah Siswodipuran, Bapak Bambang Suyitno selaku ketua RW 08, dan beberapa ketua RT lainnya juga turut menghadiri kegiatan ini.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan diawali sambutan oleh Ahmad Makruf selaku ketua kelompok KKN Tematik, serta Ketua RW dan Lurah setempat. Dalam sambutannnya, bapak Edi Mujianto selaku  Lurah Siswodipuran menekankan mengenai pentingnya sosialisasi pendampingan produk halal mengingat tidak semua masyarakat mampu mengakses sumber informasi.

“Tidak semua masyarakat itu mampu mengakses informasi yang terkadang karena kemajuan teknologi tidak seperti era-era dahulu dan itu terkadang menjadi kendala sehingga (informasi) tidak tersampaikan secara utuh “

Ia pun juga mengapresiasi dan menegaskan mengenai peran mahasiswa KKN dalam realisasi program pendampingan produk halal.

“Jangan sampai karena proses-proses seperti itu masyarakat jadi enggan untuk melakukan sertifikasi halal, disini peran dari rekan-rekan mahasiswa dan adek-adek sekalian untuk bisa memotivasi masyarakat khususnya di lingkungan kelurahan Siswodipuran dalam sertifikasi produk halal” tuturnya

Pihak perangkat kelurahan, RT dan RW, UMKM, hingga warga menyambut baik acara ini. Diharapkan dengan adanya acara ini maka partisipasi masyarakat dalam program serifikasi halal dapat meningkat. Selain itu para warga khususnya para pelaku UMK merasa terbantu dengan adanya program pendampingan ini seperti yang dirasakan oleh Uky (40) warga RT 01 RW 08 sebagai pelaku UMK makanan.

“Jelas bermanfaat pengetahuannya lebih luas lagitentang sosialisasi sertfikat halalnya, sayapun juga jadi tau alur proses pendaftaran mengenai sertifikasi produk halal bagi UMKM”. Ujarnya saat diwawancarai oleh tim media KKN.

Acara berakhir pada pukul 19.30 dengan ditandai oleh sesi tanya jawab dan pendataan para pelaku UMK yang hadir di acara sosialisasi.

 

Penulis : Tim Media KKN Kelompok 1


Posting Komentar

0 Komentar